PMPM-Motor pada YAMAHA MIO

Kali ini saya akan share pemasangan pengaman motor password Matrik (PMPM-motor) pada Yamaha Mio.
Pertama-tama buka baut pada tebeng motor bagian depan


pastikan semua baut tebeng motor tersebut sudah terbuka tanpa da yang tertinggal, kemudian buka baut plat nomor kendaraan bagian depan.



jika baut sudah terbuka semua, buka berlahan tebeng depan, kemudian lepas kabel lampu depan (pada soket kabel lampu )

 buka tebeng secara berlahan



kemudian buka baut pada tebeng sebelah kanan,tempat CDI berada. cari kabel berwarna hitam, kabel ini adalah kabel massa atau ground yang masuk CDI, putus kabel hitam tersebut kemudian sambungkan kabel kuning pada modul kemasing-masing kabel hitam yang sudah diputus.



 kemudian sambungkan kabel warna merah pada modul ke kabel kontak warna coklat (kabel keluaran dari kontak), artinya disaat kontak ON maka daya 12 volt (+) akan masuk kemodul PMPM, disaat kontak OFF maka modul juga OFF




sambungkan kabel warna hitam pada modul ke sassis motor atau body motor (ground). sambungkan juga kabel warna biru kesassis motor (ke ground). kenapa satu kabel biru disambungkan ke sassis motor ???, karena saat tombol klakson pada motor mio ditekan akan mengirimkan ground (-) ke klakson motor artinya klakson aktif (negatif), atau klakson akan berbunyi jika diberi daya negatif (-) melalui tombol klakson.


Sambungkan kabel biru yang kedua pada modul ke kabel klakson warna orange, kabel warna orange pada klakson adalah kabel keluaran dari tombol klakson



 Buka kabel pada soket rem (carilah kabel keluaran dari tombol rem), setelah ketemu, bukalah kabel tersebut dari soket menggunakan pinset atau jarum. kemudian kabel/jemper keluaran dari tombol rem disambungkan dengan kabel pita pada modul, kabel pita pada modul adalah kabel kecil dan panjang yang berdempet dengan kabel led indikator pada modul. setelah tersambung pasang kembali soket kabel rem tersebut

 Pasang led indikator pada samping spidometer, atau letakkan ditempat yang sekiranya lampu dapat terlihat dengan baik.


Setelah semuanya tersambung, jangan lupa solasi semua sambungan, dan letakkan sedemikian rupa hingga modul, sambungan kabel dll. pada posisi yang paling baik.

Pasang kembali tebeng motor anda seperti sediakala.


Untuk pertama kalinya password motor masih menggunakan password bawaan/pabrik (55) {lima lima}

Demikian tutorial pemasangan modul PMPM-Motor pada Yamaha Mio, bila ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami.

Terimakasih atas perhatiannnya,

Salam sukses